PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V SD GMIM 40 TANGGARI

Main Article Content

Yuniza P. N. Kalalo
Roos M. S. Tuerah
Romi J. Mongdong

Abstract

Quantum teaching menekankan interaksi emosional positif antara guru dan siswa, menciptakan lingkungan belajar yang mendukung pertumbuhan pribadi, dan mendorong partisipasi aktif siswa, yang menghasilkan pemahaman yang lebih mendalam dan hasil belajar yang lebih baik. Dengan demikian, Quantum teaching tidak hanya meningkatkan akademik, tetapi juga memperkuat hubungan siswa-guru dan mempromosikan pengembangan holistik siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SD GMIM 40 Tanggari dengan menerapkan model Quantum teaching. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD GMIM 40 Tanggari, yang berjumlah 14 siswa. Adapun untuk teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan tes. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dimana pada siklus pertama hasil belajar siswa baru mencapai 62,5% sehingga dilanjutkan pada siklus yang kedua yang diperbaiki proses pembelajaran sehingga hasil belajar siswa meningkat hingga 91,71% dari hasil ini Peneliti dapat menyimpulkan bahwa penggunaan model Quantum teaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD GMIM 40 Tanggari pada mata pembelajaran IPS.

Article Details

Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>