PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PASCA PANDEMI COVID-19 DI SD GMIM RANOLAMBOT
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pasca pandemi covid-19 di SD GMIM Ranolambot. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Menggunakan teknik purposive sampling dalam menentukan narasumber. Pemerolehan data melalui data primer dan sekunder. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekankeabsahan data dengan triangulasi teknik, triangulasi sumber, dan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukan bahwa guru di SD GMIM Ranolambot telah menjalankan berbagai peran yang baik dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pasca pandemi covid-19 yaitu guru sebagai demonstrator, guru sebagai pengelolah kelas, guru sebagai mediator, guru sebagai fasilitator, guru sebagai evaluator, guru sebagai motivator, guru membangkitkan minat belajar siswa, guru menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, gurumemberikan pujian atas keberhasilan siswa