PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS V SD GMIM BUKIT KASIH GIRIAN PERMAI

Authors

  • Restika Takadisihang Universitas Negeri Manado
  • Mersty E. Rindengan Universitas Negeri Manado
  • Roos M. S. Tuerah Universitas Negeri Manado

Keywords:

Model Problem Based Learning, Keterampilan Berbicara, Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V SD GMIM Bukit Kasih Girian Permai melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Dalam penelitian ini, pengamatan awal menunjukkan bahwa nilai keterampilan berbicara pada materi bermain drama masih rendah, disebabkan oleh kurangnya perhatian dari guru dan penggunaan metode pembelajaran yang kurang menarik bagi siswa. Metode yang sering digunakan adalah driil soal dan ceramah, yang menyebabkan siswa merasa bosan dan kurang mempraktikkan keterampilan berbicara mereka. Penelitian dilakukan melalui metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan empat tahap: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi, dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah 30 siswa kelas V. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam keterampilan berbicara siswa setelah penerapan PBL, dengan pencapaian nilai mencapai 80% pada siklus kedua dari sebelumnya 60% pada siklus pertama. Disarankan agar guru menerapkan model pembelajaran PBL untuk meningkatkan keterlibatan dan kreativitas siswa dalam pembelajaran.

Downloads

Published

2024-08-30

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>