PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PBL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD GMIM BUKIT KASIH GIRIAN PERMAI

Authors

Keywords:

Problem Based Learning, Hasil Belajar, IPA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi sifat sifat wujud zat benda kelas IV SD GMIM Bukit Kasih Girian Permai dengan menerapkan model Problem Based Learning < em> PBL Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas PTK yang terdiri dari 2 siklus setiap siklus terbagi dalam 4 tahapan yaitu: perencanaan pelaksanaan tindakan observasi serta refleksi Yang menjadi subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD GMIM Bukit Kasih Girian Permai dengan jumlah 40 siswa yang terdiri dari 22 siswa laki laki dan 18 siswa perempuan Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I persentasi ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 67 19 kemudian meningkat pada siklus II menjadi 80 73 Berdasarkan hasil penelitian di SD GMIM Bukit Kasih Girian Permai dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning PBL < em>dapat meningkatkan hasil belajar dalam mata pelajaran IPA tentang Sifat sifat wujud zat benda siswa kelas IV SD GMIM Bukit Kasih Girian Permai < p>

References

Downloads

Published

2024-05-31

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>