PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD GMIM BUKIT KASIH GIRIAN PERMAI

Main Article Content

Novelia D. Maukar
Joulanda A. M. Rawis
Roos M. S. Tuerah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi sifat-sifat wujud zat benda kelas IV SD GMIM Bukit Kasih Girian Permai dengan menerapkan model Problem Based Learning (PBL). Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, setiap siklus terbagi dalam 4 tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi serta refleksi. Yang menjadi subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD GMIM Bukit Kasih Girian Permai dengan jumlah 40 siswa yang terdiri dari 22 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I persentasi ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 67,19%, kemudian meningkat pada siklus II menjadi 80,73%. Berdasarkan hasil penelitian di SD GMIM Bukit Kasih Girian Permai dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar dalam mata pelajaran IPA tentang Sifat-sifat wujud zat benda siswa kelas IV SD GMIM Bukit Kasih Girian Permai.

Article Details

Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>