PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATLAN HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA KELAS VI SD NEGERI II TOMOHON MATERI GLOBALISASI DAN MANFAATNYA

Authors

  • Erika O. Wahani Universitas Negeri Manado
  • Deitje A. Katuuk Universitas Negeri Manado
  • Roos M. S. Tuerah Universitas Negeri Manado

Keywords:

Contextual Teaching and Learning, Hasil belajar Tematik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar tematik pada siswa kelas VI SD Negeri II Tomohon. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas melalui empat tahap yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VI dengan jumlah siswa 26 orang, siswa laki-laki berjumlah 12 orang dan siswa perempuan berjumlah 14 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara pengamatan dan tes sedangkan analisis data yang digunakan adalah menghitung hasil presentase hasil belajar. Hasil penelitian yang dicapai pada siklus 1 yaitu 54,03% dan pada siklus II yaitu 95,96%. Berdasarkan hasil peneitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar tematik pada siswa kelas VI SD Negeri II Tomohon.

Downloads

Published

2022-08-31

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>