PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KETERAMPILAN MENULIS CERITA NON FIKSI DI KELAS IV SD NEGERI 3 SINSINGON
Main Article Content
Abstract
Berdasarkan observasi yang dilakukan di kelas 4 SD Negeri 3 Sinsingon pada materi keterampilan menulis cerita Non Fiksi. Peneliti menemukan bahwa Guru terlihat hanya menjelaskan terus menerus, tanpa melihat proses belajar yang terjadi dan keragaman kemampuan yang dimiliki siswa dengan jumlah siswa yang tergolong banyak. Sehingga banyak siswa yang merasa bosan dan kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran dan sulit memahami materi yang diajarkan. Hal ini menyebabkan hasil belajar rendah, dari jumlah 9 siswa hanya 8 siswa yang mendapat nilai sesuai dengan KKM yang ditetapkan dan 1 siswa mendapat nilai di bawah KKM. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SD Negeri 3 Sinsingon, melalui penerapan penggunaan media gambar. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) berupa siklus, di mana setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, aksi/tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dikatakan berhasil apabila mencapai indikator keberhasilan dengan ketuntasan secara klasikal 80%. Dari hasil penelitian diperoleh persentase siklus I hasil belajar siswa mencapai 68,33%, sedangkan siklus II persentase hasil belajar siswa mencapai 83,88%. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penggunaan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 3 Sinsingon. Saran bagi guru agar dapat menerapkan penggunaan media gambar dalam pembelajaran di kelas IV agar siswa lebih memahami pelajaran dengan cara belajar bersama dalam kelompok.