PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V DI SD INPRES LANSOT

Main Article Content

Merini Ratu
Widdy H. F. Rorimpandey
Deddy F. Kumolontang
Winda L. Lumbantobing

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa pada materi organ tubuh manusia kelas V SD Inpres Lansot dengan menerapkan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian Tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, setiap siklus penelitian terdiri dari 4 (empat) tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Inpres Lansot dengan jumlah siswa 9 orang yang terdiri dari 6 laki-laki dan 3 perempuan. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata hasil belajar pada siklus I sebesar 62.2% meningkat pada siklus II menjadi 84,4%. Dari hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi organ tubuh manusia kelas V di SD Inpres Lansot.

Article Details

Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4