MENINGKATKAN PEMAHAMAN MEMBACA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DI KELAS III SD GMIM IV TOMOHON

Authors

  • Teofani Daud Universitas Negeri Manado
  • Widdy H. F. Rorimpandey Universitas Negeri Manado
  • Roos M. S. Tuerah Universitas Negeri Manado

Keywords:

Pemahaman, Membaca, Literasi Dasar

Abstract

Tujuan penelitian ini Untuk meningkatkan pemahaman membaca siswa melalui model pembelajaran berbasis masalah di kelas III SD GMIM IV Tomohon. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas  dengan 4 tahap meliputi : 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) obsevasi, dan 4) refleksi. Subjek  penelitian ini adalah siswa kelas III SD GMIM IV Tomohon.dengan jumlah siswa 26 orang Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik pengamatan dan tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I merumuskan ketuntasan klasikal belajar 63.8 % dengan siswa yang tuntas sebanyak 9 orang dan yang belum tunas 17 orang. Kemudian pada siklus II ketuntasan klasikal belajar siswa meningkat menjadi 93,3 % dan jumlah siswa yang tuntas juga meningkat menjadi 24 orang dan yang belum tuntas sebanyak 2 orang. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan maka disimpulkan bahwa kegiatan literasi dasar dapat meningkatkan pemahaman membaca siswa melalui model pembelajaran berbasis masalah di kelas III SD GMIM Tomohon dalam pembelajaran.

Downloads

Published

2024-08-30

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 > >>