PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA DI KELAS V SD KATOLIK STA. MARIA RURUKAN
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning dalam meningkatkan hasil belajar IPA tentang Jenis hewan berdasarkan makanannya di kelas V SD Katolik Sta. Maria Rurukan. Subjek penelitian ini yakni siswa kelas V SD Katolik Sta. Maria Rurukan yang berjumlah 7 siswa yang terdiri dari 1 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. Desain penelitian yang digunakan yakni desain penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus, prosedur dalam setiap siklus yaitu: perencananaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data, melalui: lembar kegiatan siswa, tes formatif siklus I dan II, lembar pengamtan aktivitas belajar siswa. Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning dikatakan efektif untuk meningkatkan hasil belajar pembelaran IPA siswa apabila, hasil belajar siswa mencapai rata-rata kelas ≥ 75, persentase tuntas belajar klasikal ≥75%. Hasil penelitian penerapan model Contextual Teaching And Learning yang digunakan pada penelitian siklus pertama pada ketuntasan belajar siswa hanya mencapai 28,57% dan nilai rata-rata siswa sebesar 57,85 untuk itu dilanjutkan pada siklus kedua meningkat pada ketuntasan belajar siswa menjadi 100% dan nilai rata-rata sebesar 93,57. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning pada siswa kelas V di SD Katolik Sta. Maria Rurukan dapat meningkatkan hasil belajar IPA tentang Jenis hewan berdasarkan makanannya.