PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY (TSTS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V SD GMIM IV TOMOHON

Authors

  • Aprillia Olewanua Universitas Negeri Manado
  • Widdy H. F. Rorimpandey Universitas Negeri Manado
  • Kartini Ester Universitas Negeri Manado

Keywords:

Hasil Belajar, Model Two Stay Two Stray

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa melalui penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) pada siswa kelas V SD GMIM IV Tomohon. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi. Penelitian ini berlokasi di SD GMIM IV Tomohon dengan subjek penelitian 32 siswa yang terdiri dari 16 laki-laki, dan 16 siswa perempuan, data yang di ambil berupa hasil tes akhir siklus. Dari hasil penelitian penulis lakukan menunjukkan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II. Hasil belajar siswa yang di peroleh dengan ketuntasan  pada siklus I dan 84,37% pada siklus II. Dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 43,75%. Berdasarkan hasil penellitian Tindakan kelas yang di uraiakan, maka dapat di simpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas V SD GMIM IV Tomohon.

Downloads

Published

2023-08-31

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>