IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) PADA PENDIDIKAN PANCASILA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJARKELAS V SD GMIM KUMELEMBUAI
Keywords:
Hasil Belajar, Pendidikan Pancasila, Model Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT)Abstract
Penelitian ini bertujuan bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan pancasila melalui Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdapat kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD GMIM KUMELEMBUAI yang berjumlah 7 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan digunakannya “Implementasi Model Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) Pada Pendidikan Pancasila untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas V SD GMIM KUMELEMBUAI” Peningkatan hasil belajar siswa tersebut dapat dilihat dari nilai yang diperoleh siswa pada siklus I, hasil tes di siklus I ada 4 siswa atau 60% dari seluruh siswa yang mendapat nilai ≥70. Demikian pula setelah dilakukan perbaikan dengan memodifikasi model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) di siklus II dengan pembentukan kelompok yang lebih heterogen, pembagian tugas dalam kelompok, pembagian waktu dan pemberian penghargaan yang lebih menarik pada siklus II, dapat meningkatkan hasil belajar Sains siswa, ditandai ada 7 siswa atau 100 % dari seluruh siswa yang mendapat nilai ≥70. Nilai rata-rata hasil tes meningkat, pada siklus I yaitu 60 sedangkan pada siklus II yaitu 87.