IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE VCT PADA PENDIDIKAN PANCASILA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJARKELAS V SD GMIM KUMELEMBUAI

Authors

Keywords:

Hasil Belajar, Pendidikan Pancasila, Model Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT)

Abstract

Penelitian ini bertujuan bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan pancasila melalui Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas Penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus Setiap siklus terdapat kegiatan perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD GMIM KUMELEMBUAI yang berjumlah 7 siswa Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan digunakannya Implementasi Model Pembelajaran Value Clarification Technique< em> VCT Pada Pendidikan Pancasila untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas V SD GMIM KUMELEMBUAI Peningkatan hasil belajar siswa tersebut dapat dilihat dari nilai yang diperoleh siswa pada siklus I hasil tes di siklus I ada 4 siswa atau 60 dari seluruh siswa yang mendapat nilai 70 Demikian pula setelah dilakukan perbaikan dengan memodifikasi model pembelajaran Value Clarification Technique< em> VCT di siklus II dengan pembentukan kelompok yang lebih heterogen pembagian tugas dalam kelompok pembagian waktu dan pemberian penghargaan yang lebih menarik pada siklus II dapat meningkatkan hasil belajar Sains siswa ditandai ada 7 siswa atau 100 dari seluruh siswa yang mendapat nilai 70 Nilai rata rata hasil tes meningkat pada siklus I yaitu 60 sedangkan pada siklus II yaitu 87 < p>

References

Downloads

Published

2024-11-29

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)