PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA DI KELAS V SD NEGERI BINTAU

Authors

  • Pradipta Potabuga Universitas Negeri Manado
  • Marien Pinontoan Universitas Negeri Manado
  • Steven Mandey Universitas Negeri Manado

Keywords:

Problem Based Learning, Bahasa Indonesia, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dalam meningkatkan hasil belajarmatapelajaran Bahasa Indonesiasiswa kelas V di SD Negeri Bintau. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang setiap siklus terdapat kegiatan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian tindakan kelas adalah siswa kelas V SD Negeri Bintau yang berjumlah 11 siswa. Teknik pengumpulan data ini menggunakan lembar observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Berdasarkan persentase hasil belajar yang diperoleh pada siklus I adalah 60% maka diperlukan perbaikan pada siklus II. Pada siklus II hasil belajar mencapai 83,18% itu artinya hasil belajar pada siklus II mengalami peningkatan dan telah mencapai standar ketuntasan secara klasikal. Oleh karena itu disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia dengan materi Cerpen di kelas V SD Negeri Bintau.

Downloads

Published

2024-11-29

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>