PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 MOLINOW
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian yaitu untuk mendeskripsikan penerapan model Group Investigation
dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas IV SD N. 2 Molinow.
Metode penelitian dilaksanakan dalam bentuk penelitian tindakan kelas (PTK) yang mengacu
pada desain penelitian yang dikemukakan Kemmis dan Mc Taggart, dengan tahapan
perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data yang diperoleh dianalisis dengan
perhitungan persentase dan rata-rata hasil belajar siswa. Setiap siswa dikatakan tuntas belajar
(ketuntasan individu) jika proporsi jawaban yang benar 70 % dan satu kelas dikatakan tuntas
belajar (ketuntasan klasikal) jika dalam satu kelas terdapat 85% yang telah tuntas
belajarnya.Dari kedua siklus pembelajaran yang telah dilaksanakan dengan menggunakan
model pembelajaran Group Investigation pada pembelajaran IPS diperoleh hasil yang berbeda
di mana pada siklus I hasil belajar siswa mencapai 70%, pada siklus II hasil belajar siswa
mencapai indikator keberhasilan yaitu mencapai 92.5%. Dengan demikian dapat disimpulkan,
pembelajaran IPS yang menggunakan model pembelajaran Group Investigation dapat
meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD N. 2 Molinow.