PENERAPAN MODEL DIRECT INSTRUCTION DENGAN MEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD INPRES LOPANA

Authors

  • Lisna Sianturi Universitas Negeri Manado
  • Widdy H. F. Rorimpandey Universitas Negeri Manado
  • Zoya F. Sumampouw Universitas Negeri Manado

Keywords:

Model Direct Instrution, Media Interaktif, Hasil Belajar IPA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana Penerapan Model Direct Instruction dengan media interaktif dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V, Khususnyaa pada materi struktur lapisan bumi. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Spiral Kemmis dan McTaggart, yang terdiri dari empat tahap: perencanan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 17 orang, terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siklus I memperoleh ketuntasan belajar 66,47% dan siklus II memperoleh ketuntasan belajar 89,11%, dengan demikian, pelaksanaan tindakan dapat dinyatakan berhasil. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penerapan model Direct Instruction dengan media interaktif dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Inpres Lopana. Saran bagi guru agar bisa menerapkan model Direct Instruction dengan media interaktif dalam pembelajaran IPA kelas V agar siswa lebih memahami pelajaran dan dapat belajar bersama dalam kelompok.

Downloads

Published

2024-11-29

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4