PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA KONSEP SISTEM GERAK TUMBUHAN UNTUK KELAS IV SD GMIM LOMPAD
Keywords:
Hasil Belajar IPA, Metode Demonstrasi, Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Sistem Gerak Tumbuhan melalui Penerapan Model Pembelajaran Demonstrasi pada Siswa Kelas IV SD GMIM Lompad. Metode penelitan yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, setiap siklus penelitian terdiri dari 4 (empat) tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SD GMIM Lompad dengan jumlah siswa 10 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu Observasi dan tes hasil belajar IPA dengan menggunakan instrumen tes hasil belajar. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu menghitung presentase serta membandingkan hasil belajar siklus I, dan siklus I dengan kriteria ketuntasan belajar yaitu 75. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada hasil belajar IPA siklus I memperoleh nilai presentase klasikal yaitu sebesar 20%, dan pada Hasil belajar IPA siklus II memperoleh nilai presentase klasikal sebesar 80%. Dengan demikian penarapan metode demonstrasi pada pembelajaran IPA dapat dikatakan berhasil di tandai dengan peningkatan hasil belajar IPA yaitu sebesar 60%.