PENERAPAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 AYONG

Authors

  • Husri H. Pobela Universitas Negeri Manado
  • Roos M. S. Tuerah Universitas Negeri Manado
  • Kartini Ester Universitas Negeri Manado

Keywords:

Pendidikan Matematika Realistik, Bangun Ruang, Kubus dan Balok

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar metematika siswa kelas IV SD Negeri 1 Ayong melalui Pendidikan Matematika Realistik. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom Action Research). Subjek penelitian ini siswa kelas IV SD Negeri 1 Ayong yang berjumlah 23 siswa, terdiri dari 7 laki-laki dan 16 perempuan. Metode penelitian menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah observasi dan soal tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa matematika realistik dapat meningkatkan proses dan hasil belajar matematika pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Ayong. hal ini terlihat pada peningkatan hasil belajar pada setiap pertemuannya, siklus I  21.73% dari 23 orang siswa ada 5 orang yang mencapai KKM dan sisanya 18 orang siswa 78,26% belum mencapai KKM. sedangkan pada siklus II telah mencapai 91,31% dari 23 orang siswa sudah 21 orang yang mencapai KKM dan 2 orang siswa yaitu 8,69% belum mencapai KKM. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Penerapan Pendekatan Matematika Realistik dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Saran Pada pembelajaran matematika, guru seharusnya memberi keleluasan pada siswa untuk mengkonstruksi pengetahuan sendiri melalui berbagai macam pendekatan salah satunya pendekatan Pendidikan Matematika Realistik.

Downloads

Published

2024-11-29

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>