PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS KELAS III DI SD GMIM RANOMEA

Main Article Content

Indri M. Repi
Roos M. S. Tuerah
Sarah S. N. Tombokan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dalam mata pelajaran IPS pada siswa kelas III SD GMIM Ranomea melalui penerapan media gambar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang setiap siklus terdapat kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD GMIM Ranomea yang berjumlah 20 siswa. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah teknik observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebelum dilakukan tindakan ada 4 siswa atau 20% dari seluruh siswa yang mendapat nilai ≥75. Setelah dilakukan tindakan dengan metode penerapan media gambar di siklus I persentasi ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 60% dengan nilai rata-rata 68 dan meningkat pada siklus II pada persentasi ketuntasan siswa sebesar 100% dengan nilai rata-rata sebesar 86,25. Berdasarkan hasil temuan di SD GMIM Ranomea dapat disimpulkan bahwa media gambar dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPS siswa kelas III di SD GMIM Ranomea. Disarankan media gambar digunakan pada mata pelajaran yang lain agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Article Details

Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>