PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA DI KELAS IV SD GMIM VII TOMOHON
Keywords:
Problem Based Learning, Bahasa Indonesia, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV di SD GMIM VII Tomohon. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang setiap siklus terdapat kegiatan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian tindakan kelas adalah siswa kelas IV SD GMIM VII Tomohon yang berjumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data ini menggunakan lembar observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Berdasarkan persentase hasil belajar yang diperoleh pada siklus I adalah 64,81% maka diperlukan perbaikan pada siklus II. Pada siklus II hasil belajar mencapai 79,44% itu artinya hasil belajar pada siklus II mengalami peningkatan dan telah mencapai standar ketuntasan secara klasikal. Oleh karena itu disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia dengan materi Cerpen di kelas V SD GMIM IV Tomohon.