PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KELOMPOK KECIL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IV SD INPRES LOPANA
Keywords:
Metode Pembelajaran, Kelompok Kecil, Hasil Belajar Bahasa IndonesiaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Penerapan Metode Pembelajaran Kelompok Kecil Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV Sd Inpres Lopana.Adapun penelitian ini bertujuan untuk:1). Menumbuhkan motivasi belajar Bahasa Indonesia siswa, 2). Untuk mengadakan perubahan pembelajaran dengan metode yang bervariasi, 3). Metode diskusi diduga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas ( PTK). PTK dilaksanakan sebagai upaya untuk mengatasi permasalahan Yang muncul di dalam kelas. Metode ini dilaksanakan dengan empat tahap, yaitu Perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi, dan refleksi. Keempat tahap Tersebut merupakan siklus yang berlangsung secara berulang dan dilakukan Dengan langkah-langkah yang sama dan difokuskan pada pembelajaran diskusi Sebagai praktik dari ketrampilan Menulis Puisi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa, motivasi Belajar siswa mengalami peningkatan setelah menggunakan pembelajaran dengan Metode diskusi. Peningkatan tersebut dapat dilihat melalui siklus/pertemuan yang Telah dilakukan. Meningkatnya motivasi dan gairah belajar siswa mengiringi peningkatan hasil Belajar Bahasa Indonesia siswa, hal ini ditunjukkan dengan perolehan nilai rata-rata hasil tes di Akhir setiap siklus, yaitu dari 59,58% pada siklus I, menjadi 79,89% padasiklus II, dan 100% seluruh siswa telah mencapai KKM.