EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN FLIPBOOK DALAM LITERASI DIGITAL DIKELAS 3 SD GMIM 1 TOMOHON
Keywords:
Penggunaan Media, Flipbook, Literasi DigitalAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemasalahan dalam pelaksanaan kegiatan literasi yang belum berbasis teknologi dan juga masih menggunakan media konvensional Jenis penelitian yang dilaksanakan yaitu penelitian kuantitatif bentuk Quasi Eksperimental Design dengan tipe Pre Test and Post Test with Non Equivalent Control Group Design Populasi dalam penilitian ini adalah siswa kelas 3 SD GMIM 1 Tomohon Teknik untuk menentukan sampel adalah simple random sampling Validitas yang digunakan adalah validitas tes butir soal dan reabilitas dengan Alpha Cronbach serta uji tingkat kesukaran Teknik analisis data menggunakan uji T Dari hasil post test diperoleh gt; nbsp;yaitu yaitu 3 750 gt; 2 164 artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok control Aktivitas belajar siswa yang dengan menggunakan media flipbook < em>lebih baik dibandingkan dengan kelompok siswa yang tanpa menggunakan media flipbook< em> Hal ini dapat dilihat dari hasil persentase rata rata kelas eksperimen sebesar 92 14 sedangkan pada kelas kontrol diperoleh persentase rata rata 86 62 Hasil perhitungan menunjukkan bahwa rata rata skor N gain kelas eksperimen flipbook< em> adalah 78 73 atau 79 nilai Ngain tersebut termasuk dalam presentase gt; 76 dengan tafsiran Efektif Sedangkan N gain score kelompok kontrol konvensional sebesar 62 52 atau 63 termasuk pada presentase 56 75 dengan tafsiran Cukup Efektif < p>

  widdyrorimpandey@unima.ac.id