EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN FLIPBOOK DALAM LITERASI DIGITAL DIKELAS 3 SD GMIM 1 TOMOHON

Main Article Content

Gloriana Lestari
Mersty E. Rindengan
Steven Mandey

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemasalahan dalam pelaksanaan kegiatan literasi yang belum berbasis teknologi dan juga masih menggunakan media konvensional. Jenis penelitian yang dilaksanakan yaitu penelitian kuantitatif, bentuk Quasi Eksperimental Design dengan tipe Pre-Test and Post-Test with Non-Equivalent Control-Group Design. Populasi dalam penilitian ini adalah siswa kelas 3 SD GMIM 1 Tomohon. Teknik untuk menentukan sampel adalah simple random sampling. Validitas yang digunakan adalah validitas tes butir soal dan reabilitas dengan Alpha Cronbach serta uji tingkat kesukaran. Teknik analisis data menggunakan uji T. Dari hasil post-test diperoleh >  yaitu yaitu 3,750 > 2,164 artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok control. Aktivitas belajar siswa yang dengan menggunakan media flipbook lebih baik dibandingkan dengan kelompok siswa yang tanpa menggunakan media flipbook. Hal ini dapat dilihat dari hasil persentase rata-rata kelas eksperimen sebesar 92,14 sedangkan pada kelas kontrol diperoleh persentase rata-rata 86,62. Hasil perhitungan, menunjukkan bahwa rata-rata skor N-gain kelas eksperimen (flipbook) adalah 78,73 atau 79% nilai Ngain tersebut termasuk dalam presentase > 76% dengan tafsiran “Efektif”. Sedangkan N-gain score kelompok kontrol (konvensional) sebesar 62,52 atau 63% termasuk pada presentase 56-75 dengan tafsiran “Cukup Efektif”.

Article Details

Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>