PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM BUDAYA MENULIS PERMULAAN SISWA KELAS II SD INPRES LANSOT
Keywords:
Model Pembelajaran Problem Based Learning, Budaya Menulis Permulaan, Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dalam budaya menulis Permulaan siswa kelas II SD Inpres Lansot. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas II SD Inpres Lansot yang berjumlah 15 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setelah menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning dan diadakan tes individu pada siklus I nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 71,66% dan siswa yang tuntas belajar mencapai 7 orang atau 46,66%. Karena belum memenuhi kriteria keberhasilan maka dilanjutkan pada siklus II. Pada siklus II siswa yang tuntas belajar mengalami peningkatan menjadi 93% dengan nilai rata-rata 80,33%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan budaya menulis permulaan materi cara menulis siswa kelas II SD Inpres Lansot. Disarankan kepada guru-guru agar lebih memanfaatkan dan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan budaya menulis permulaan.