PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS II SD NEGERI 2 TATAARAN
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penggunaan Model Problem Based Learning untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan pada siswa kelas II SDN 2 Tataaran. Subjek penelitian ini berjumlah 21 siswa yang terdiri dari 11 siswa laki laki dan 10 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model siklus yang berulang dan berkelanjutan, yang terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan (observasi) dan refleksi. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan pengamatan dan tes. Data selanjutnya di analisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil tes keterampilan membaca permulaan siswa rata-rata pada siklus I adalah 69.09 dengan ketuntasan belajar 57%. Hasil observasi aktivitas siswa dan guru pada siklus I masih berada pada kategori cukup dengan skor keberhasilan sebesar 75 dan observasi siswa dengan tingkat kategori cukup dengan skor 64,58. Sedangkan pada siklus II hasil tes keterampilan membaca permulaan siswa adalah 87,61 dan ketuntasan belajar siswa rata rata 90%. Hasil observasi aktivitas siswa dan guru pada siklus II dengan skor keberhasilan sebesar 93,75 berada pada kategori sangat baik dan observasi siswa dengan tingkat keberhasilan sangat baik dengan skor 91,66. Hasil tersebut telah mencapai indikator keberhasilan penelitian (KKM ≥ 75) sehingga penelitian tindakan dihentikan, sampai pada siklus II. Dari hasil penelitian membuktikan bahwa dengan penggunaan model Problem Based Learning dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan pada siswa kelas II SDN 2 Tataaran.