PENERAPAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG PERUBAHAN SIFAT BENDA PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI BINTAU
Keywords:
Metode Eksperimen, Hasil Belajar, IPAAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar IPA dengan menerapkan model Eksperimen. Berdasarkan observasi penulis yang telah di laksanakan di SD Negeri Bintau semester I kelas VI masalah yang di temui yaitu (1) interaksi yang terjdi dalam proses pembelajaran hanya dari guru- siswa, guru masih mendominasi kegiatan pembelajaran sehingga siswa hanya menghafal teori dan cepat lupa (2) kurang diterapkannya pembelajaran IPA dengan model yang menarik, kreatif dan menyenangkan (3) Guru seringkali hanya menyampaikan materi IPA seadanya dan hanya memanfaatkan buku paket sebagai pegangan untuk siswa, sehingga pembelajaran hanya terpusat pada guru dan siswa hanya mendengarkan saja sehingga pembelajaran IPA cenderung membosankan. Kondisi ini yang membuat hasil belajar IPA tentang perubahan sifat benda pada siswa kelas VI SD Negeri Bintau. Penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk penelitian tindakan kelas (PTK) dengan mengacu pada desain pembelajaran yang dikemukakan Kemmis dan Mc Taggart (Zainal Aqib, 2006:31) yang terdiri atas 2 siklus dan 4 tahapan yaitu : (1)perencanaan, (2)pelaksanaan/tindakan, (3)observasi,(4)refleksi. Pada siklus I hasil belajar yang diperoleh siswa adalah 62% dan pada siklus ke-2 meningkat menjadi 87,5% Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model Eksperimen mampu meningkatkan hasil belajar IPA tentang perubahan sifat benda di kelas VI SD Negeri Bintau