PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR

Main Article Content

KARTINI ESTER

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Tematik melalui penerapan metode demonstrasi. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model spiral dari Kemmis dan Mc. Taggart, yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Pada siklus I hasil belajar siswa mencapai 68,42% siswa yang tuntas dan pada siklus II hasil belajar siswa meningkat menjadi 89,47% siswa yang tuntas dan sudah mencapai ketuntasan belajar klasikal75%. Selain itu pembelajaran dengan menerapkan metode demonstrasi melibatkan keaktifan siswa. Dengan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar Tematik siswa kelas II SD GMIM Malalayang. Metode demonstrasi membuat suasana pembelajaran menyenangkan dan menumbuhkembangkan kerjasama, keaktifan dan tanggungjawab siswa. Disarankan guru kelas untuk menggunakan metode demonstrasi dalam proses pembelajaran Tematik dan siswa diharapkan aktif dalam proses pembelajaran.

Article Details

Section
Articles

Most read articles by the same author(s)