PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SD GMIM 1 SARONGSONG

Authors

  • Kartini Ester

Keywords:

example non example, hasil belajar, matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penerapan model pembelajaran Example Non Example< em> terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV SD GMIM 1 Sarongsong Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen dengan jenis quasi eksperimen Populasi penelitian adalah peserta didik kelas IV SD GMIM 1 Sarongsong Sampel penelitian adalah siswa kelas IV SD GMIM 1 Sarongsong Sesuai dasar pengambilan keputusan dalam Uji Independent Sampel t Test ternyata sig nya mendapat 0 000 :2 berarti: 0 000 lt; 0 025 maka Ha diterima Dan ternyata t tabel = df 2 66 0 025 berarti: t tabel = 2 00 lt; t hitung = 6 986 maka Ha diterima yang artinya bahwa ada pengaruh model example non example< em> terhadap hasil belajar Dengan selisih mean antar kedua data adalah 11 882 eksperimen = 81 76 dan kontrol = 69 88 Rata rata hasil belajar peserta didik menggunakan model example non example< em> pada kelas eksperimen mencapai 81 76 Sedangkan nilai rata rata kelas kontrol yang diajarkan menggunakan model student facilitator and explaining mencapai rata rata 69 88 Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengearuh model pembelajaran Example non example < em>terhadap hasil belajar menentukan Luas dan Keliling daerah Persegi Persegi panjang dan segitiga pada siswa kelas IV SD GMIM 1 Sarongsong terdapat perbedaan hasil belajar anatara kelas kontrol dan kelas ekperimen Kelas kontrol tidak mendapat perlakuan atau pengawasan sedangkan kelas eksperimen mendapat perlakuan < p>

References

Downloads

Published

2022-04-11

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)