PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SD GMIM 1 SARONGSONG

Main Article Content

Kartini Ester

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penerapan model pembelajaran Example Non Example terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV SD GMIM 1 Sarongsong. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen dengan jenis quasi eksperimen. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas IV SD GMIM 1 Sarongsong. Sampel penelitian adalah siswa kelas IV SD GMIM 1 Sarongsong. Sesuai dasar pengambilan keputusan dalam Uji Independent Sampel t-Test. ternyata sig-nya mendapat 0,000 (:2) berarti: 0,000 < 0,025 maka Ha diterima. Dan ternyata t-tabel = df, α/2 (66, 0,025), berarti: t-tabel = 2.00 < t-hitung = 6.986, maka Ha diterima, yang artinya bahwa ada pengaruh model example non example terhadap hasil belajar. Dengan selisih mean antar kedua data adalah 11.882 (eksperimen = 81.76 dan kontrol = 69.88) Rata-rata hasil belajar peserta didik menggunakan model example non example pada kelas eksperimen mencapai 81,76 Sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol yang diajarkan menggunakan model student facilitator and explaining mencapai rata-rata 69,88. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengearuh model pembelajaran Example non example terhadap hasil belajar menentukan Luas dan Keliling daerah Persegi, Persegi panjang, dan segitiga pada siswa kelas IV SD GMIM 1 Sarongsong, terdapat perbedaan hasil belajar anatara kelas kontrol dan kelas ekperimen. Kelas kontrol tidak mendapat perlakuan atau pengawasan sedangkan kelas eksperimen mendapat perlakuan.

Article Details

Section
Articles

Most read articles by the same author(s)