PENERAPAN MODEL REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION RME DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI DEBIT SISWA KELAS V SD GMIM I TOMOHONON

Authors

Keywords:

Hasil Belajar, RME, Debit

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan Model Realistic Mathematics Education RME dalam meningkatkan hasil belajar matematika materi debit siswa kelas V SD GMIM I Tomohon Jenis penelitian yang di gunakan oleh peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas Penelitian tindakan Kelas PTK adalah jenis penelitian yang direncanakan namun dilakukan oleh guru di dalam kelas dengan tujuan meningkatkan kinerja guru sehingga terdapat peningkatan hasil belajar siswa Jenis Penelitian PTK dilaksanakan minimal dalam dua siklus Hasil Penelitian menunjukan bahwa hasil evaluasi pada siklus I terdapat 15 siswa yang tuntas dan 9 yang belum tuntas sedangkan pada siklus II terdapat 5 yang belum tuntas dan 19 siswa yang tuntas Pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 67 70 dan 81 04 pada siklus II Jadi terjadi peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II yaitu sebesar 13 34 maka target yang diinginkan oleh peneliti telah tercapai untuk ketuntasan belajar siswa pada siklus ini Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Realistic Mathematics Education RME dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi debit siswa kelas V SD GMIM I Tomohon < p>

References

Downloads

Published

2023-08-31

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)