PENERAPAN MODEL REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI DEBIT SISWA KELAS V SD GMIM I TOMOHONON

Main Article Content

Ralia V. Tahulending
Non N. Monigir
Kartini Ester

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini, untuk mendeskripsikan penerapan Model Realistic Mathematics Education (RME) dalam meningkatkan hasil belajar matematika materi debit siswa kelas V SD GMIM I Tomohon. Jenis penelitian yang di gunakan oleh peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian tindakan Kelas (PTK) adalah jenis penelitian yang direncanakan namun dilakukan oleh guru di dalam kelas dengan tujuan meningkatkan kinerja guru sehingga terdapat peningkatan hasil belajar siswa Jenis Penelitian PTK dilaksanakan minimal dalam dua siklus. Hasil Penelitian menunjukan bahwa hasil evaluasi pada siklus I terdapat 15 siswa yang tuntas dan 9 yang belum tuntas, sedangkan pada siklus II terdapat 5 yang belum tuntas dan 19 siswa yang tuntas. Pada siklus I, ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 67,70% dan 81,04% pada siklus II. Jadi, terjadi peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II yaitu sebesar 13,34%, maka target yang diinginkan oleh peneliti telah tercapai untuk ketuntasan belajar siswa pada siklus ini. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi debit siswa kelas V SD GMIM I Tomohon.

Article Details

Section
Articles

Most read articles by the same author(s)