PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SD NEGERI SARONGSONG
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh kajian tentang Meningkatkan hasil belajar matematika melalui penggunaan model pembelajaran Penemuan Terbimbing (guided discovery learning) pada siswa kelas III SD Negeri Sarongsong. Rancangan metode yang digunakan adalah rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) dari Kemmis dan Robbin Mc Taggart dalam Zainal Aqib, 2006:31 dengan menggunakan dua siklus yang terdiri dari empat tahap yaitu: Tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, serta refleksi. Data penelitian ini diperoleh melalui observasi dan tes. Hasil penelitian ini tentang penggunaan model pembelajaran yang Meningkatkan hasil belajar matematika melalui penggunaan dengan model pembelajaran Penemuan Terbimbing (guided discovery learning) pada mata pelajaran matematika siswa kelas III SD Negeri Sarongsong. Hasil yang dicapai oleh siswa pada setiap tahap kegiatan pembelajaran bahwa skor hasil belajar siswa siklus I adalah 67,9% mengalami peningkatan pada siklus 2 dengan pencapaian hasil rata-rata siswa adalah 90% dengan kualifikasi sangat baik. Bertolak dari hasil penelitian ini disarankan kepada guru wali kelas agar dapat menggunakan model penemuan terbimbing (guided discovery learning) dalam pembelajaran.