PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK TEMA IV KELAS IV SD GMIM WOLOAN

Main Article Content

Dewi L. Watuseke
Juliana M. Sumilat
Merty E. Rindengan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh pembelajaran daring terhadap hasil belajar tema IV pada siswa kelas IV SD GMIM Woloan. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen (semu eksperimen) dengan bentuk Nonquivalent Control Group Design Karena pada kenyataannya penelitian ini tidak dapat dapat mengontrol sepenuhnya variabel-variabel luar yang mempengaruhi pelaksanaan eksperimen. Penelitian dilaksanakan di SD GMIM Woloan dengan populasi sebanyak 29 siswa yang terdiri dari 13 siswa perempuan dan 16 siswa laki-laki. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran daring berpengaruh terhadap hasil belajar tematik siswa berdasarkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh pembelajaran daring terhadap hasil belajar siswa kelas IV di SD GMIM Woloan. Implementasi pembelajaran daring di sekolah dasar menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran daring dapat berjalan efektif dan baik tergantung dari kreativitas guru dalam mengelola pembelajaran secara online.

Article Details

Section
Articles