ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA MATERI PECAHAN DI KELAS IV-A SD INPRES KAKASKASEN DUA

Authors

  • Fabiola M. C. Pangalila Universitas Negeri Manado
  • Agnes M. Goni Universitas Negeri Manado
  • Juliana M. Sumilat Universitas Negeri Manado

Keywords:

Analisis Kesalahan, Soal Cerita, Pecahan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengidentifikasi kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi pecahan di kelas IV-A SD Inpres Kakaskasen Dua, 2) untuk mengetahui faktor penyebab siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita di kelas IV-A SD Inpres Kakaskasen Dua. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Lokasi penelitian di SD Inpres Kakaskasen Dua. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV-A. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model analisis Miles and Huberman. Hasil penelitian menunjukan: 1) kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi pecahan adalah kesalahan membaca, kesalahan memahami soal, kesalahan tranformasi soal, kesalahan proses perhitungan, kesalahan peulisan jawaban, 2) faktor penyebab kesalahan dalam  menyelesaikan soal adalah siswa terburu-buru membaca soal, siswa tidak dapat menentukan apa yang diketahui yang ditanya, siswa belum  mengerti cara mengubah soal cerita kedalam model matematika, siswa belum mengerti operasi hitung pecahan, dan kecerobohan menuliskan jawaban.

Downloads

Published

2024-11-29

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>