ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA MATERI PECAHAN DI KELAS IV A SD INPRES KAKASKASEN DUA
Keywords:
Analisis Kesalahan, Soal Cerita, PecahanAbstract
Tujuan penelitian ini adalah 1 untuk mengidentifikasi kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi pecahan di kelas IV A SD Inpres Kakaskasen Dua 2 untuk mengetahui faktor penyebab siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita di kelas IV A SD Inpres Kakaskasen Dua Penelitian ini menggunakan metode kualitatif Lokasi penelitian di SD Inpres Kakaskasen Dua Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV A Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis observasi wawancara dan dokumentasi Teknik analisis data menggunakan model analisis Miles and Huberman Hasil penelitian menunjukan: 1 kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi pecahan adalah kesalahan membaca kesalahan memahami soal kesalahan tranformasi soal kesalahan proses perhitungan kesalahan peulisan jawaban 2 faktor penyebab kesalahan dalam nbsp; menyelesaikan soal adalah siswa terburu buru membaca soal siswa tidak dapat menentukan apa yang diketahui yang ditanya siswa belum nbsp; mengerti cara mengubah soal cerita kedalam model matematika siswa belum mengerti operasi hitung pecahan dan kecerobohan menuliskan jawaban < p>

  widdyrorimpandey@unima.ac.id