PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RME UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PECAHAN SEDERHANA DI KELAS III SD NEGERI TINIAWANGKO

Main Article Content

Febrian P. Rarung
Juliana M. Sumilat
Yulmi H. Mottoh

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika materi Pecahan Sederhana di kelas III dengan penerapan model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME). Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan langkah- langkah : 1. Perencanaan, 2. Pelaksanaan Tindakan, 3. Observasi, dan 4. Refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri Tiniawangko. Teknik pengumpulan data berdasarkan hasil observasi dan juga hasil jawaban peserta didik. Adapaun teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan perhitungan hasil belajar siswa dengan dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I mencapai 68,00% dan pada siklus II mencapai 91,5%. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas tersebut, dapat disimpulkan bahwa pencapaian siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Pecahan Sederhana di kelas III SD Negeri Tiniawangko.

Article Details

Section
Articles

Most read articles by the same author(s)