PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA DI SD INPRES PAREPEI KECAMATAN REMBOKEN

Main Article Content

Christin G. Daeli
Roos M. Tuerah
Deddy F. Kumolontang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran berbasis proyek dalam meningkatkan hasil belajar IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) materi sistem pernapasan pada manusia dikelas V SD Inpres Parepei Kecamatan Remboken. Peneliti menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc. Taggart (Aqip Zainal, 2006 : 31) meliputi empat tahap yaitu : (1) perencanaan, (2) Tindakan. (3) pengamatan/observasi, (4) refleksi yang dilaksanakan dengan dua siklus. Adapun yang menjadi subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Inpres Parepei Kecamatan Remboken dengan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi yaitu dengan mengamati secara langsung pelaksanaan Tindakan pembelajaran dan tes tertulis untuk mengetahui sejauh mana kemampuan siswa dalam memahami materi dari dua siklu. Teknik analisis data menggunakan rumus KB =

Article Details

Section
Articles

Most read articles by the same author(s)