PENERAPAN METODE GASING UNTUK MEINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA OPERASI HITUNG PEMBAGIAN SISWA KELAS IV SD INPRES LELEKO

Main Article Content

Olga Timbuleng
Julduz R. Paus
Kartini Ester

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hasil belajar melalui penerapan metode GASING pada materi operasi hitung pembagian siswa kelas IV SD Inpres Leleko. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas atau PTK. Subjek penelitian adalah siswa SD Inpres Leleko kecamatan Remboken berjumlah 11 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pengamatan, tes dan dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data, yaitu dengan cara membandingkan nilai siswa di setiap siklus dengan KKM yang telah ditentukan oleh pihak sekolah menggunakan rumus ketuntasan belajar siswa dan rumus persentase ketuntasan klasikal. Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti menunjukkan bahwa pembelajaran GASING dapat meningkatkan hasil belajar siswa hal tersebut terlihat dalam persentase hasil belajar siswa yang meningkat. Pada siklus I 54,5% dan pada siklus II 81,8%. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode GASING dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada operasi hitung pembagian. Sehingga hal tersebut dapat menjadi bahan pertimbangan kepala sekolah dan guru dalam melakukan inovasi, pemilihan metode pembelajaran, penggunaan media pembelajaran dan cara mengajar agar dalam proses belajar-mengajar khususnya pembelajaran matematika siswa tidak merasa tertekan karena guru memberikan contoh soal yang mudah dimengerti oleh siswa daripada hanya memberikan rumus-rumus yang sulit untuk diingat oleh siswa, sehingga siswa pun lebih bersemangat dalam mengikuti proses belajar-mengajar.

Article Details

Section
Articles