IMPLEMENTASI PENGEMBANGAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SD NEGERI 69 MANADO

Main Article Content

Risnawati Timbayo
Julduz R. Paus
Mersty E. Rindengan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pengembangan kurikulum merdeka belajar di SD Negeri 69 Manado. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus, dengan subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru, siswa kelas IV dan kelas V. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik analisis interaktif dari Miles & Huberman. Simpulan peneliti adalah sebagai berikut 1) pemahaman kurikulum merdeka belajar sama dengan kurikulum k13 yang membedakan hanya istilah tetapi isinya sama, pembelajaran intrakurikuler atau kegiatan belajar mengajar dengan jadwal yang telah ditentukan, dan guru tidak hanya memberikan materi tetapi dibelakang guru memberikan dorongan kepada siswa. 2) dalam penerapan kurikulum merdeka belajar dilaksanakan secara bertahap tidak diterapkan langsung pada semua kelas, dalam pembelajaran kurikulum merdeka beljar ada tahapan-tahapan yang harus ditempuh, selain itu guru menciptakan pembelajaran yang menyenangkan, serta harus harus kreatif dan efektif yang sesuai dengan minat dan bakat yang dimiliki siswa. Saran dalam penelitian adalah guru harus berusaha untuk mempelajari dan lebih mendalam memahami makna kurikulum merdeka belajar. Kemudian, guru juga harus memahami prosedur penerapan kurikulum merdeka belajar dan siswa tetap semangat dalam mengikuti proses pembelajaran.

Article Details

Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>