PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI 42 MANADO
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS di kelas IV SD Negeri 42 Manado dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas adalah satu strategi penyelesaian masalah yang memanfaatkan tindakan nyata dan proses pengembangan kemampuan dalam mendeteksi dan menyelesaikan masalah. Kemmis dan Mc. Taggart (Zainal Aqib, 2006:22), “Model rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang digunakan dalam penelitian ini meliputi sistem spiral yang dimulai dengan mengikuti alur yang terdiri dari empat tahap, yakni: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Observasi, (4) Refleksi. pelaksanaan tindakan siklus I nilai rata-rata yang dicapai siswa kelas IV mencapai 68,21% mendapat peningkatan yang sangat memuaskan pada pelaksanaan tindakan siklus II yang mencapai 95,71%. Berdasarkan hasil penilitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajran Numbered Heads Together dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS tentang Kegiatan Ekonomi Di Indonesia di kelas IV SD NEGERI 42 MANADO.Saran berdasarkan kesimpulan hasil penelitian tersebut maka disarankan.Bagi guru kelas dapat menerapkan model pembelajaran Numbered Heads Together dalam pembelajaran IPS, karena model ini mampu menciptakan situasi pembelajaran menjadi aktif dan kreatif. Kepada siswa dapat mengikuti dengan baik langkah-langkah model pembelajaran Numbered Heads Together dalam proses belajar agar dapat mencapai tujuan pembelajaran dan mencapai hasil yang baik.