PENERAPAN MODEL EXPLICIT INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA KELAS IV SD INPRES KOMBI

Main Article Content

Jerius A. Rakinaung
Harol R. Lumapow
Jannej J. Rawung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia pada materi membaca cerita melalui penerapan model Explicit  Instruction siswa kelas IV SD Inpres Kombi. Penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk penelitian tindakan kelas (PTK) yang mengacu pada model penelitian tindakan yang dikemukakan oleh Kemmis dan Mc Taggart (Aqib Zainal 2006:31) yang terdiri dari empat tahapan yaitu: 1. Perencanaan 2. Pelaksanaan Tindakan 3. Observasi 4. Refleksi hasil penelitian siklus I diperoleh analisis data dengan nilai rata-rata hasil belajar yaitu 75 % dengan jumlah siswa yang tuntas 8 orang dan 4 siswa yang tidak mencapai nilai standar ketuntasan belajar. Maka dari itu perlu dilaksanakan tindakan lanjutan yaitu siklus II, dengan memfokuskan kepada kesalahan dalam siklus I. Bedasarkan hasil yang diperoleh pada tindakan siklus II tentang penerapan model explicit Instruction untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia pada materi membaca cerita siswa kelas IV SD Inpres Kombi” telah berhasil dengan baik dengan hasil yang memuaskan mencapai 89 % . Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas (PTK) dapat disimpulkan sebagai berikut: Melalui penerapan model explicit Instruction dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia materi membaca cerita pada ranah kognitif siswa kelas IV SD Inpres Kombi.

Article Details

Section
Articles