PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PKN DI KELAS IV SD N. 2 TATAARAN

Main Article Content

Jesika Siagian
Harol R. Lumapow
Yulmi H. Mottoh

Abstract

Adapun Tujuan Penelitian yaitu Untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn melalui penerapan model pembelajaran Role Playing pada siswa kelas IV SD Negeri 2. Tataaran. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang mengacu pada desain penelitian yang dikemukakan Kemmis dan Mc Taggart, dengan tahapan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data yang diperoleh dianalisis denan perhitungan persentase dan rata-rata hasil belajar siswa. Setiap siswa dikatakan tuntas (ketuntasan individu) jika proporsi jawaban yang benar 0 dan satu kelas dikatakan tuntas belajar (ketuntasan klasikal) jika dalam satu kelas terdapat 85% yang telah tuntas belajarnya. Dari kedua siklus yang telah dilaksanakan dengan menggunakan model pembelajaran Role Playing pada pembelajaran PKn diperoleh hasil yang berbeda di mana pada siklus I hasil belajar siswa mencapai 61.54%, pada siklus II hasil belajar siswa mencapai indikator keberhasilan baik yaitu mencapai 91.15%. Dengan demikian dapat disimpulkan, bahwa model pembelajaran Role Playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn di kelas IV SD Negeri 2. Tataaran.

Article Details

Section
Articles

Most read articles by the same author(s)