PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VI SD GMIM 1 TOMOHON
Keywords:
Model Pembelajaran Make A Match, hasil belajar, IPSAbstract
Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VI SD Gmim 1 Tomohon yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif learning Tipe Make A Match< em> dapat meningkatkan Hasil Belajar pada mata pelajaran IPS pada materi Mengidentifikasi Letak Negara Negara ASEAN Penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas PTK yang mengacu pada desain penelitian oleh Kemmis dan MC Taggart dengan langkah langkah berikut : Perencanaan Tindakan Observasi dan Refleks Penelitian ini disiapkan dalam I siklus dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VI SD Gmim 1 Tomohon dengan teknik pengumpulan data melalui lembar observasi dan tes Penelitian ini dikatakan berhasil apabila mencapai indikator keberhasilan 78 Pada pelaksanaan siklus I presentase pencapaian indikator dapat dikatakan berhasil atau tercapai dengan presentase 82 14 Jadi disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match< em> dapat meningkatkan hasil belajar ranah kognitif dengan menerapkan HOTS Higher Order Thinking Skills pada mata pelajaran IPS siswa kelas VI SD Gmim 1 Tomohon Dapat disarankan kepada guru agar sebaiknya menerapakan model pembelajaran ini dikarenakan sangat membantu dalam meningkatkan hasil belajar siswa < p>

  widdyrorimpandey@unima.ac.id