MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLES PADA SISWA KELAS IV SD GMIM IV TOMOHON

Authors

  • Claudia I. M. Langi Universitas Negeri Manado
  • Harol R. Lumapow Universitas Negeri Manado
  • Richard D. H. Pangkey Universitas Negeri Manado

Keywords:

Model Pembelajaran Examples Non Examples, Meningkatkan Hasil belajar IPS

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS dengan Menggunakan Model Pembelajaran Examples Non Examples Pada Siswa Kelas IV SD GMIM IV Tomohon. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK), menurut Kemmis dan Mc. Taggart dengan empat tahap yaitu: perencanaan, pelasanaan tindakan, pengamatan, serta refleksi yang diterapkan dalam II siklus. Teknik Pengumpulan Data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah Teknik Pengamatan (Observasi) dan Tes. Pengumpulan data dengan Teknik Pengamatan menggunakan Instrument Pengamatan. Sedangkan Tes dengan cara memberikan sejumlah Pertanyaan atau Evaluasi. Berdasarkan penelitian ini, pada siklus I persentase ketuntasan klasikal sebesar 64,23 dari jumlah siswa 26 orang hanya 7 orang yang tuntas dan 19 orang siswa yang tidak tuntas. Dengan demikian penelitian ini berlanjut ke siklus II. Setelah memperbaiki kekurangan-kekurangan yang ada pada siklus I maka penelitian pada siklus II memperoleh hasil belajar dengan hasil 95,19% atau berhasil. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan di kelas IV SD GMIM IV Tomohon, maka dapat di simpulkan bahwa: Pembelajaran dengan menggunakan model Examples Non Examples dapat meningkatkan hasil belajar IPS di kelas IV SD GMIM IV Tomohon dengan capaian siklus I sebesar 64,23% dan siklus II sebesar 95,19%

Downloads

Published

2024-02-29

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>