PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI SAWANGAN
Keywords:
Model Pembelajaran Picture and Picture, Ilmu Pengetahuan Sosial, Hasil Belajar, Penelitian Tindakan KelasAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran picture and picture< em> dalam meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SD Negeri Sawangan Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas PTK Kemmis dan McTaggart desain penelitian melalui tahap perencanaan tahap tindakan tahap observasi dan tahap refleksi Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi dokumentasi dan tes hasil belajar Penelitian ini dapat dikatakan berhasil apabila adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV pada aspek pengetahuan dalam pembelajaran IPS di setiap siklusnya dari nilai kriteria ketuntasan minimal KKM yaitu skor 75 Hasil tes siklus I menunjukkan ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 69 79 Hasil yang dicapai pada siklus II meningkat secara signifikan di mana ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 92 71 Oleh karena itu dapat dikatakan bahwa enerapan model pembelajaran picture and picture< em> dapat meningkatkan hasil belajar ilmu pengetahuan sosial IPS siswa di kelas IV SD Negeri Sawangan < p>

  widdyrorimpandey@unima.ac.id