PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI SAWANGAN

Main Article Content

Meyrina Nender
Harol R. Lumapow
Risal M. Merentek

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran picture and picture dalam meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SD Negeri Sawangan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) Kemmis dan McTaggart desain penelitian melalui tahap perencanaan, tahap tindakan, tahap observasi dan tahap refleksi. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, dokumentasi, dan tes hasil belajar. Penelitian ini dapat dikatakan berhasil apabila adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV pada aspek pengetahuan dalam pembelajaran IPS di setiap siklusnya dari nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu skor 75. Hasil tes siklus I menunjukkan ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 69,79%. Hasil yang dicapai pada siklus II meningkat secara signifikan di mana ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 92,71%. Oleh karena itu dapat dikatakan bahwa enerapan model pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar ilmu pengetahuan sosial (IPS) siswa di kelas IV SD Negeri Sawangan.

Article Details

Section
Articles

Most read articles by the same author(s)