PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD INPRES LANSOT
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS melalui Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Inpres Lansot. Metode yang digunakan Dalam Penelitian Ini yaitu pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan menggunakan model spiral dengan empat tahap: (1) Perencanaan, (2) Tindakan, (3) Observasi, (4) Refleksi. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Inpres Lansot. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Teknik pengamatan (observasi dan tes). Sedangkan data yang diperoleh akan dianalisis dengan perhitungan persentase dan rata-rata hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa pencapaian hasil belajar pada siklus I 72% pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 86%. Dengan demikian penerapan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Inpres Lansot.