PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD GMIM 3 TOMOHON

Authors

  • Abdul T. Mokoginta Universitas Negeri Manado
  • Roos M. S. Tuerah Universitas Negeri Manado
  • Widdy H. F. Rorimpandey Universitas Negeri Manado

Keywords:

Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL), Hasil Belajar, IPA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD GMIM 3 Tomohon melalui model pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas empat tahap yaitu: Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi, dan Refleksi. Subjek penelitian ini siswa kelas IV SD GMIM 3 Tomohon. Teknik pengumpulan data berupa observasi dan tes. Hasil penelitian siklus I menunjukan 67,69% dan siklus II menunjukan 85,38%. Keberhasilan dalam penelitian ini tidak terlepas dari usaha guru dalam menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa yaitu Project Based Learning (PjBL). Dengan demikian dapat dikatakan model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SD GMIM 3 Tomohon.

Downloads

Published

2024-11-29

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 > >>