PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD GMIM 3 TOMOHON
Keywords:
Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL), Hasil Belajar, IPAAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD GMIM 3 Tomohon melalui model pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas empat tahap yaitu: Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi, dan Refleksi. Subjek penelitian ini siswa kelas IV SD GMIM 3 Tomohon. Teknik pengumpulan data berupa observasi dan tes. Hasil penelitian siklus I menunjukan 67,69% dan siklus II menunjukan 85,38%. Keberhasilan dalam penelitian ini tidak terlepas dari usaha guru dalam menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa yaitu Project Based Learning (PjBL). Dengan demikian dapat dikatakan model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SD GMIM 3 Tomohon.