PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS IV SD INPRES TATELI
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS dengan model pembelajaran Problem Based Learning di kelas IV SD INPRES Tateli. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), menurut Kemmis dan Mc. Taggart (Zainal Aqib, 2006:31) dimana dalam penelitian ini menggunakan empat tahapan yaitu 1)perencanaan, 2)pelaksanaantindakan, 3)observasi dan 4)refleksi. DalamPenelitian ini yang menjadi subjek yaitu siswa kelas IV SD INPRES Tateli yang berjumlah 25 siswaterdiridari 10 siswalaki-lakidan 15 siswaperempuan. Teknik pengumpulan data yang di lakukan dalam penelitian ini melalui tes dan observasi sedangkan teknik pengolahan data melalui rumus presentase. Hasil yang dicapai pada siklus I adalah 64% belum berhasil sehingga penelitian ini dilanjutkan pada siklus II dengan memperbaiki kekurangan yang ada pada siklus I. Dan pada siklus II memperoleh hasil belajar yang mencapai 87,2% atau dapat dikatakan telah berhasil. Bersadasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan dapat disimpulakan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based-learning dalam pembelajaran IPS pada materi keragamaman aktivitas ekonomi di Indonesia di bidang pertambangan, bidang perdagangan, bidang industri dan jasa dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas IV SD INPRES Tateli. Selain menggunakan model pembelajaran ini diharapakan guru-guru dapat menggunakan model pembelajaran yang lebih bervariasi lagi untuk memotivasi siswa dalam belajar sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.