PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS III SD GMIM IV TOMOHON

Main Article Content

Dea E. Masalip
Mozes M. Wullur
Juliana K. Tagupia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia melalui penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and composition di kelas III Sd GMIM IV Tomohon. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan/tindakan, observasi dan refleksi yang dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data melalui lembar observasi dan tes kemudian dianalisis dengan teknik presentase. Hasil penelitian menunjukan ketuntasan belajar pada siklus I 68% dan siklus II 89%. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas (PTK) dapat disimpulkan sebagai berikut: Melalui Penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and composition dapat menigkatkan hasil belajar bahasa indonesia siswa kelas III di sd Gmim IV Tomohon pada materi membaca cerita dongeng pada ranah Kognitif C4, C3, dan C1. Berdasarkan kesimpulan peneliti, dapat dikembangkan dengan saran-saran sebagai beerikut : 1. Guru dapat menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and composition untuk meningkatkan hasil belajar siswa. 2.Siswa Semakin rajin dan termotivasi untuk belajar dan mengembangkan potensi untuk mencapai hasil yang baik dalam bidang akademik.

Article Details

Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>