PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA DI KELAS V SDN INPRES 7 83 GIRIAN WERU DUA
Keywords:
Model Role Playing, Pembelajaran Bahasa Indonesia, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini Untuk mendeskripsikan penggunaan pendekatan pembelajaran model pengajaran Role Playing< em> dalam rangka menciptakan suasana belajar yang kondusif sehingga tercapainya proses pembelajaran yang optimal Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dikemukakan oleh Kemmis dan C Taggart Zainal Aqib 2006:5 6 terdiri dari 4 tahap utama yaitu: perencanaan pelaksanaan atau tindakan pengamatan atau observasi dan refleksi Penelitian ini dilaksanakan dalam II siklus Hasil yang diperoleh pada siklus I mencapai 57 14 Kemudian pada siklus II hasil belajar siswa mencapai keberhasilan yang baik yaitu mencapai 84 28 Terbukti dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Role Playing< em> dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia di Kelas V SDN INPRES 7 83 Girian Weru Dua < p>

  widdyrorimpandey@unima.ac.id