PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA DI KELAS V SDN INPRES 7/83 GIRIAN WERU DUA
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini Untuk mendeskripsikan penggunaan pendekatan pembelajaran model pengajaran Role Playing dalam rangka menciptakan suasana belajar yang kondusif sehingga tercapainya proses pembelajaran yang optimal.Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dikemukakan oleh Kemmis dan C. Taggart (Zainal Aqib, 2006:5-6), terdiri dari 4 tahap utama, yaitu: perencanaan, pelaksanaan atau tindakan, pengamatan atau observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam II siklus. Hasil yang diperoleh pada siklus I mencapai 57,14%. Kemudian pada siklus II hasil belajar siswa mencapai keberhasilan yang baik yaitu mencapai 84,28%. Terbukti dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Role Playing dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia di Kelas V SDN INPRES 7/83 Girian Weru Dua.