PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA DI KELAS V SDN INPRES 7/83 GIRIAN WERU DUA

Authors

  • Susana L. Kailola Universitas Negeri Manado
  • Deitje A. Katuuk Universitas Negeri Manado
  • Juliana K. Tagupia Universitas Negeri Manado

Keywords:

Model Role Playing, Pembelajaran Bahasa Indonesia, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini Untuk mendeskripsikan penggunaan pendekatan pembelajaran model pengajaran Role Playing dalam rangka menciptakan suasana belajar yang kondusif sehingga tercapainya proses pembelajaran yang optimal.Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dikemukakan oleh Kemmis dan C. Taggart (Zainal Aqib, 2006:5-6), terdiri dari 4 tahap utama, yaitu: perencanaan, pelaksanaan atau tindakan, pengamatan atau observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam II siklus. Hasil yang diperoleh pada siklus I mencapai 57,14%. Kemudian pada siklus II hasil belajar siswa mencapai keberhasilan yang baik yaitu mencapai 84,28%. Terbukti dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Role Playing dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia di Kelas V SDN INPRES 7/83 Girian Weru Dua.

Downloads

Published

2023-05-31

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>