STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA SISWA DI KELAS II MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SD INPRES PERUMNAS ULUINDANO TOMOHON
Main Article Content
Abstract
Penenlitian ini bertujuan untuk mengentahui Strategi Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Siswa Kelas II Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Sd Inpres Perumnas Uluindano Tomohon. Metode penelitian dalam penenlitian ini adalah Kualitatif. Subjek penelitian adalah Guru Kelas II, Siswa Kelas II dan Kepala Sekolah. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara observasi dan dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan keimpulan. Hasil penelitian menun-jukan bahwa strategi guru dalam mengatasi kesulitan membaca siswa kelas II ada-lah mengenalkan kembali huruf alfabet, strategi bawah atas atau button up, strate-gi kata dan kalimat, menciptakan suasana pembelajaran yang ceria.