PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DI KELAS III SD INPRES PERUMNAS ULUINDANO

Authors

  • Kyrie A. Akualing Universitas Negeri Manado
  • Widdy H. F. Rorimpandey Universitas Negeri Manado
  • Brianne E. J. Komedien Universitas Negeri Manado

Keywords:

Model Kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division), Hasil belajar, pembelajaran IPA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Division di kelas III SD Inpres Perumnas Uluindano. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan/tindakan, observasi dan refleksi yang dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data melalui lembar observasi dan tes kemudian dianalisis dengan teknik presentase. Hasil penelitian menunjukan ketuntasan belajar pada siklus I 69% dan siklus II 87,5%. Kesimpulan penelitian ini bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Student Teams Achievement Division dapat meningkatkan hasil belajar IPA di kelas III SD Inpres Perumnas Uluindano khususnya pada materi makhluk hidup.

Downloads

Published

2023-08-31

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>