PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS IV SD KATOLIK 2 DON BOSCO BITUNG
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS di kelas IV SD Katolik 2 Don Bosco Bitung dengan menerapkan model pembelajaran cooperative learning tipe Student team achievement division (STAD) yang berjumlah 17 orang siswa, pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang mengacu pada penelitian yang dikemukakan oleh Kurt Lewin (Rahman 2018:7). Dengan menggunakan model spiral yang terdiri dari empat tahap yaitu 1) perencanaan, 2) pelaksanaan Tindakan, 3) observasi, 4) refleksi hasil belajar siswa. Pada penelitian yang sudah dilakukan diperoleh yaitu siklus I 72,80% sedangkan pada siklus II 81,82%. Dengan demikian dapat dismpulkan, pembelajaran IPS dengan menggunakan model cooperative learning tipe student team achievement division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar siswa.