PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS IV SD KATOLIK 2 DON BOSCO BITUNG
Keywords:
Model Pembelajaran, Student Team Achievement Division (STAD), Belajar, IPSAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS di kelas IV SD Katolik 2 Don Bosco Bitung dengan menerapkan model pembelajaran cooperative learning tipe Student team achievement division STAD < em>yang berjumlah 17 orang siswa pada mata pelajaran IPS Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas PTK yang mengacu pada penelitian yang dikemukakan oleh Kurt Lewin Rahman 2018:7 Dengan menggunakan model spiral yang terdiri dari empat tahap yaitu 1 perencanaan 2 pelaksanaan Tindakan 3 observasi 4 refleksi hasil belajar siswa Pada penelitian yang sudah dilakukan diperoleh yaitu siklus I 72 80 sedangkan pada siklus II 81 82 Dengan demikian dapat dismpulkan pembelajaran IPS dengan menggunakan model cooperative learning tipe student team achievement division STAD < em>dapat meningkatkan hasil belajar siswa < p>

  widdyrorimpandey@unima.ac.id