PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA EKOSISTEM DI KELAS V SD INPRES 4/82 WALIAN

Main Article Content

Yehuda Lonteng
Supit Pusung
Risal M. Merentek

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dengan tema ekosistem materi hubungan antar komponen ekosistem dan jaring-jaring makanan. dengan Model Pembelajaran Problem based learning di kelas V SD Inpres 4/82 Walian. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang mengacu pada desain dengan langkah-langkah sebagai berikut: 1. Perencanaan, 2. Tindakan, 3. Observasi, dan 4. Refleksi yang digunakan pada dua siklus. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik pengamatan langsung proses pembelajaran dan tes. Data yang diperoleh dari proses pembelajaran dihitung dengan menggunakan rumus ketuntasan belajar Nilai yaitu jumlah skor yang dicapai dibagi jumlah skor maksimum kemudian dikalikan seratus persen (100%). Hasil belajar yang diperoleh pada siklus I yaitu 63,25%dan siklus II mencapai 92,75% dalam hal ini terjadi peningkatan hasil belajar dalam pembelajaran dengan tema ekosistem materi hubungan antar komponen ekosistem dan jaring-jaring makanan di kelas V SD Inpres 4/82 Walian sehingga pelaksanaan tindakan dapat dikatakan berhasil. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan model pembelajaran Problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar dengan tema ekosistem materi hubungan antar komponen ekosistem dan jaring-jaring makanan di Kelas V SD Inpres 4/82 Walian dengan presentase hasil pada siklus II adalah 92,75% dan disarankan guru dapat menerapkan model pembelajaran Problem based learning dalam proses belajar mengajar materi ekosistem untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Article Details

Section
Articles

Most read articles by the same author(s)