PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD ADVENT TOMOHON

Authors

  • Gabriel J. Lumi Universitas Negeri Manado
  • Roos S. Tuerah Universitas Negeri Manado
  • Margareta O. Sumilat Universitas Negeri Manado

Keywords:

Model Two Stay Two Stray, Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar IPS tentang Jenis-jenis Kegiatan Ekonomi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) pada Siswa Kelas IV SD Advent Tomohon. Metode penelitian yang digunakan yaitu jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada siklus I adalah 69,62% maka dapat dinyatakan bahwa hasil belajar siswa di siklus I belum mencapai KKM 80. Kemudian setelah dilanjutkan dengan siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan hingga mencapai 89,25% dan pada siklus II ini hasil belajar siswa dinyatakkan berhasil mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) 80. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray dikatakan berhasil.

Downloads

Published

2023-11-30

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>