PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 2 TOMOHON
Keywords:
Model pembelajaran numbered head together, hasil belajar IPSAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil pembelajaran IPS dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together NHT < em> di kelas IV SD Negeri 2 Tomohon Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian Tindakan kelas PTK yang terdiri dari 2 siklus Yang menjadi subjek penelitian adalah kelas IV SD Negeri 2 Tomohon dengan jumlah siswa laki laki 7 dan siswa perempuan 10 sehingga total keseluruhan adalah 17 Pengumpulan data penelitian menggunakan soal tes essai Dari analisi pembelajaran yang telah diuraikan menunjuk bahwa Ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I yaitu 58 82 dengan nilai rata rata 67 05 dan pada siklus II sebesar 93 12 dengan nilai rata rata 88 23 atau mengalami peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa yaitu 34 3 Selain hasil belajar meningkat siswa juga merasa lebih bersemangat mengikuti pembelajaran dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe numbered head together < em> NHT < em> Dapat disimpulan bahwa pembelajaran dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 2 Tomohon Maka peneliti memberikan saran agar guru hendaknya menggunakan pembelajaran kooperati tipe numbered head together < em> NHT < em> sebagai alternatif dalam KBM mata pelajaran khususnya dan untuk semua mata pelajaran di SD Negeri 2 Tomohon < p>

  widdyrorimpandey@unima.ac.id